Kelebihan dan Kekurangan Software Akuntansi Online

Kelebihan dan Kekurangan Software Akuntansi Online

Penggunaan perangkat lunak akuntansi diperlukan untuk perusahaan, baik besar maupun kecil, untuk membuatnya lebih mudah untuk bekerja dalam proses akuntansi seperti penjurnalan, menyiapkan laporan keuangan, menyiapkan perjanjian gaji, dll. Berdasarkan meluasnya penggunaan perangkat lunak atau perangkat lunak akuntansi, pengembang perangkat lunak juga bersaing untuk menyediakan perangkat lunak terbaik untuk perusahaan-perusahaan ini. Perangkat lunak yang ada juga berkembang pesat dan menjadi lebih mudah digunakan.

Tren yang terjadi pada semua wirausahawan saat ini adalah popularitas aplikasi akuntansi dan semua wirausahawan melacak tidak sedikit, dari pengusaha kecil (UKM) hingga perusahaan manufaktur skala besar. Rata-rata, masalah mereka sama, karena mereka memerlukan bantuan perangkat lunak akuntansi karena mereka mengalami kesulitan dalam mempersiapkan laporan keuangan mereka atau karena mereka dikejar oleh tenggat waktu yang memaksa mereka untuk bertindak cepat dalam hal data keuangan internal perusahaan. perusahaan. Penyebab utama masalah adalah karena kurangnya pengetahuan akuntansi dan kurangnya kemampuan untuk mendengarkan dan mengelola laporan keuangan.

Baca juga : Devisa Adalah

Perangkat lunak akuntansi itu sendiri saat ini dibagi menjadi 2 jenis yang sering digunakan oleh tidak sedikit pengusaha, yaitu:

  1. Perangkat lunak akuntansi berbasis desktop.
  2. Perangkat lunak akuntansi berbasis web (online).

Dengan aplikasi akuntansi berbasis web, pengguna tidak perlu repot menginstal aplikasi lagi di komputer. Anda hanya dapat membuka perangkat lunak browser web yang telah tersedia dan kemudian tinggal membuka URL perangkat lunak akuntansi online. Nah, di antara sejumlah keunggulan aplikasi akuntansi berbasis web adalah sebagai berikut:

Baca juga : Tahapan Menyusun Laporan Keuangan

  1. Dapat meningkatkan introprabilitas. Dengan menggunakan sistem akuntansi berbasis web, terutama untuk jenis industri, ini memungkinkan perusahaan untuk mencapai tingkat yang jauh lebih tidak praktis antar aplikasi dibandingkan dengan menggunakan sistem aplikasi akuntansi berbasis desktop yang lebih terisolasi.
  2. Dengan aplikasi akuntansi berbasis web, Anda dapat dengan mudah menjalankan perangkat lunak di mana saja, kapan saja (selama ada koneksi Internet) tanpa harus menginstal terlebih dahulu.
  3. Sehubungan dengan masalah lisensi (hak cipta), seperti halnya dengan aplikasi desktop, Anda tidak lagi memerlukan lisensi ketika menggunakan perangkat lunak aplikasi berbasis web, karena lisensi tersebut telah menjadi Tanggung jawab pribadi situs web yang disediakan oleh perangkat lunak akuntansi.
  4. Dapat dengan mudah dijalankan pada sistem operasi apa pun. Tidak harus di Windows, juga di Linux, Windows, sistem operasi Mac, perangkat lunak berbasis web dapat berjalan selama Anda sudah memiliki perangkat lunak browser dan akses internet.
  5. Dapat diakses melalui lebih banyak cara dan peralatan seperti: komputer / laptop yang kompatibel dengan standar WAP, termasuk tablet.
  6. Tidak memerlukan spesifikasi komputer yang terlalu tinggi untuk dapat menggunakan perangkat lunak berbasis web ini, karena sebagian besar proses berlangsung di penyedia server web perangkat lunak berbasis web ini.

Kerugian dari perangkat lunak akuntansi berbasis web adalah:

  1. Membutuhkan koneksi internet dan koneksi internet harus baik dan stabil, tujuan ini benar-benar bertujuan ketika perangkat lunak (program akuntansi berbasis web) berjalan, ia bekerja dengan lancar dan tanpa gangguan atau kesalahan ketika operasi sedang berlangsung.
  2. Membutuhkan sistem keamanan yang lebih baik karena perangkat lunak hanya berjalan secara terpusat, sehingga setiap kali server di pusat merasa buruk, sistem perangkat lunak tidak dapat berjalan dengan lancar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *