Pengertian Tutup Buku Dalam Perusahaan

Pengertian Tutup Buku Dalam Perusahaan

Tidak dipungkiri bahwa Anda sering mendengar kata tutup buku di dunia bisnis. Bagi sebagian orang yang memiliki dasar-dasar akuntansi akan terbiasa dengan tutup buku. Namun, Anda yang bukan dari latar belakang akuntansi akan merasa tidak terbiasa dengan kata tersebut. Semua hal yang berkaitan dengan ilmu akuntansi, bisa rekan – rekan dapatkan di laman akuntansi lengkap ya sob.

Memahami apa itu Tutup Buku

Tutup buku adalah kegiatan untuk menutup / memotong akhir periode pelaporan yang dilakukan oleh bagian administrasi atau keuangan. Akhir dari siklus akuntansi atau penutupan buku ini biasanya terdiri dari dua jenis. Tutup buku pada akhir bulan dan akhir tahun. Pada dasarnya, konsep penutupan buku ini adalah transfer nilai saldo akhir dari masing-masing akun neraca ke saldo awal untuk bulan atau tahun berikutnya. Selain itu, nilai saldo akhir dari setiap akun laba rugi ditutup dan ditransfer ke akun Penghasilan Tahun Ini setiap bulan. Penghasilan tahun ini akan ditutuo dan ditransfer ke Retairned Earnings.

Tujuan Tutup Buku

Mengapa Anda perlu menutup buku? Sebagai wirausahawan, Anda harus tahu tujuan menutup buku. Berikut ini menjelaskan tujuan penutupan buku:

  1. Pelaporan Keuangan

Ini dimaksudkan untuk dapat mengetahui bagaimana situasi keuangan perusahaan. Menutup buku yang dilakukan secara teratur akan membuatnya lebih mudah jika sewaktu-waktu pihak eksternal dan internal perusahaan meminta data keuangan perusahaan, seperti investor, untuk pajak, dan direktur.

  1. Mengetahui Untung dan Rugi

Anda perlu memastikan bahwa perusahaan yang dikelola baik-baik saja. Salah satu cara untuk mengetahui keadaan perusahaan adalah dengan melihat sampul buku. Dalam buku penutup Anda dapat mengetahui status keuangan periode tertentu. Apakah perusahaan mengalami kerugian atau untung pada periode itu.

  1. Mengetahui Saldo Akhir

Sebagai pemilik perusahaan, sangat penting bagi Anda untuk mengetahui nilai saldo akhir yang dimiliki perusahaan. Ini akan membuat Anda lebih memahami secara rinci perkembangan bisnis yang Anda kelola. Selain itu, Anda juga dapat mengetahui apakah target pendapatan Anda atau pendapatan di bulan / tahun tercapai atau tidak.

Nilai saldo akhir dalam Neraca juga akan membuat berbagai pihak seperti direktur dan pemegang saham mengetahui jumlah keuangan dan kekayaan yang dimiliki perusahaan.

  1. Menganalisa Keuangan Perusahaan

Menutup buku yang dilakukan secara rutin dalam periode waktu tertentu, misalnya bulanan, kuartalan, bulan keenam atau tahun akan memudahkan berbagai pihak untuk melakukan analisis, terutama pemilik perusahaan. Anda dapat menganalisis setiap saldo akhir dari tutup buku terakhir dan tutup buku berikutnya, apakah itu telah menurun atau meningkat.

Penting bahwa Anda memperhatikan setiap laporan akhir di semua periode penutupan buku. Menganalisis setiap laporan yang dibuat akan membuat Anda mengetahui posisi keuangan perusahaan, naik turunnya perusahaan.

Dan Anda dapat segera memeriksa kesalahan atau menganalisis mengapa perusahaan Anda kehilangan uang. Analisis terperinci dan komprehensif akan membuat Anda meningkatkan inovasi dan kreasi untuk pengembangan perusahaan dari tahun ke tahun.

  1. Menetapkan Saldo Awal dan Pembukuan

Tutup buku selain bertujuan untuk mengetahui saldo akhir juga memiliki tujuan untuk membentuk saldo awal. Penetapan saldo awal ini dilakukan pada bulan atau tahun baru pada akun neraca dari saldo akhir sebelumnya. Menutup buku secara teratur juga dapat membantu merapikan buku. Jadi perusahaan akan mendapatkan pembukuan terbaru atau yang diperbarui.

Selain tujuan yang diuraikan di atas, tutup buku juga memiliki tujuan lain, yaitu sebagai langkah cut-off untuk data keuangan perusahaan (cut-off digunakan dalam data keuangan yang dilakukan oleh perangkat lunak akuntansi) dan dividen dividen dari laba ditahan setelah penutupan buku akhir tahun. emoga artikel ini bermanfaat bagi Anda. Jangan lupa untuk berbagi di media sosial Anda sehingga teman Anda mendapatkan manfaatnya. Karena pengetahuan terbaik adalah berbagi.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *